Kadipaten (31/3/2023) – Qurrotu Ayunin, S.Hut., M.Si., Guru mata pelajaran Inventarisasi Keanekaragaman Hayati SMK Kehutanan Negeri Kadipaten melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul: “PENINGKATAN KOMPETENSI DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMK KEHUTANAN NEGERI KADIPATEN”.
PTK dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 tepatnya bulan Oktober-November tahun 2022. Sasaran penelitian adalah 26 orang peserta didik SMK Kehutanan Negeri Kadipaten, kelas XI-B, dengan paket keahlian Teknik Konservasi Sumberdaya Hutan.
“Tujuan penysusunan PTK untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kompetensi dan motivasi peserta didik pada materi inventarisasi tumbuhan dengan metode kuadran” penjelasan Alumni Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor tersebut.
“PTK ini diharapkan memberikan manfaat terhadap perbaikan dan atau peningkatkan kualitas proses belajar mengajar, sekaligus strategi alternatif menajemen kelas yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik” ujarnya.
Analisis terhadap data siklus pertama PTK terdapat 12 peserta didik (46,15%) yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus kedua, seluruh peserta didik dinyatakan tuntas 100% dengan skor KKM 75/100.
Pengukuran Uji F pada nilai ulangan harian siklus pertama dan kedua, diperoleh skor 1,889, dengan nilai F tabel pada selang kepercayaan 95% dan nilai V1 dan V2 adalah 1,955. Sehingga dapat disimpulkan nilai ulangan harian pada kedua siklus adalah identik.
Perhitungan nilai T data PTK diperoleh skor 8,476. Nilai T tabel pada derajad bebas 50 (dari 26+26-2) pada selang kepercayaan 95% adalah 2,008. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa nilai ulangan harian pada siklus pertama dan kedua berbeda nyata secara signifikan pada selang kepercayaan 95%.
Tidak ada gading yang tak retak, penyempurnaan PTK harus tetap dilakukan melalui penelitian yang lebih mendalam mengenai penyebab kurangnya motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode discovery learning.
selain itu perlu dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor lain yang diduga dapat memengaruhi kompetensi peserta didik, seperti faktor psikis, kesehatan, dan faktor lainnya.
Leave a Reply